Home > Elektronik > Internet of Things >

Belajar Arduino : Sekilas Tentang Arduino

by: ahmadfathan

Selamat pagi….

Kali ini saya akan memberikan tutorial singkat tentang Arduino. Tutorial ini merupakan pengenalan singkat tentang arduino.

Apa itu Arduino?

Bagi penghobi yang suka membuat prototype yang berkaitan dengan Elektronika dan Coding tentu sudah mengenal dengan akrab board satu ini. Board ini sangat familiar karena banyak sekali literatur baik berupa e-book maupun buku. Ini karena arduino bersifat open-source. Setiap orang dapat mengembangkan proyek mereka dengan arduino tanpa memerlukan lisensi.

Arduino adalah sebuah platform elektronik yang bersifat open-source yang berbasis hardware dan software yang mudah digunakan. Arduino telah banyak digunakan baik oleh Profesional, maker, maupun hobbiest untuk membuat berbagai prototype.

Apa yang dapat dilakukan Arduino?

Arduino dapat melakukan pembacaan input digital maupun analog. Selain itu arduino juga dapat mengeluarkan output digital dan analog. Pada dasarnya untuk melakukan tugasnya sebuah komputer memproses input dan mengeluarkan output. Begitupula Arduino, Arduino mengandalkan chip dari Atmel seperti ATmega328, ATmega168, dll. Chip tadi berperan sebagai mikrokontroler. Mikrokontroler memiliki fungsi yang sama dalam memproses data seperti pada sebuah komputer. Perbedaannya mikrokontroler sudah memiliki semua yang dibutuhkan untuk menjalankan tugasnya. Sedangkan komputer memerlukan RAM dan penyimpanan terpisah.

Dengan Fungsi utama di atas Arduino dapat diandalkan untuk:

  1. Mengontrol LED, motor DC, Servo, motor Stepper
  2. Membaca sensor
  3. Berkomunikasi dengan perangkat seperti modul WI-FI, Bluetooth, dan GSM
  4. Menghasilkan suara dengan frekuensi dan interval tertentu
  5. Dan masih banyak lainnya.

Bagian-Bagian pada Arduino

Pada tutorial kali ini saya hanya akan menjelaskan tentang Arduino UNO. Arduino UNO adalah versi Arduino yang paling banyak digunakan. Sebelum bermain dengan arduino, terlebih dahulu kita harus mengenal bagian-bagian Arduino terlebih dahulu. 

  1. Analog Input, digunakan ketika kita ingin melakukan pembacaan input 10 bit. Maksudnya nilai pembacaan dari pin ini memiliki rentang 2 pangkat 10 yaitu 0-1023. Nilai 0-1023 mewakili nilai 0-5 V.
  2. Pin Digital, digunakan untuk menghasilkan output berupa logika 1 dan 0 atau HIGH dan LOW. Logika HIGH mewakili 5V. Sedangkan logika LOW mewakili 0V. Pin ini juga dapat dijadikan sebagai input digital.
  3. Pin PWM (Pulse Width Modulation), pin ini ditandai dengan tanda  ” ~ “.  Pin ini digunakan untuk mengeluarkan output tidak hanya 0 V dan 5V. Pin ini mampu menghasilkan keluaran 0-5V. Pin ini dapat digunakan untuk mengontrol kecepatan motor, kecerahan lampu, dan lain sebagainya.
  4. Port ICSP, digunakan untuk memprogram arduino melalui port ISP (in System Program).
  5. Port USB, digunakan untuk komunikasi Arduino dengan Komputer.
  6. Pin TX dan RX, digunakan untuk komunikasi dengan perangkat lain.
  7. Jack DC, digunakan untuk mencatu Arduino dengan catu daya eksternal.
  8. Mikrokontroler, digunakan sebagai chip utama.
  9. Tombol reset, digunakan untuk memulai lagi program dari awal.

ARDUINO IDE

 

Arduino IDE adalah software yang digunakan untuk membuat program Arduino. Arduino IDE dapat didownload gratis di situs resmi Arduino atau langsung klik di sini.

Arduino IDE menggunakan bahasa C sebagai bahasa pemrogramannya. Namun jangan takut bagi pemula. Karena Arduino memang dibuat untuk pemula sehinga untuk membuat coding Arduino sangat mudah bahkan untuk yang tidak tahu sama sekali pemrograman bahasa c.

Sekian tutorial saya kali ini. Pada tutorial berikutnya kita akan mulai membuat prototype sederhana. Terima kasih dan sampai jumpa!