Home > Aksesoris > Fashion >

Cara Membuat Bros Pita dari Kain Perca

by: sulistiani

Kain perca merupakan sebutan untuk kain-kain bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Barang ini banyak kita temui di berbagai penjahit maupun produsen garmen. Biasanya kain perca dibuang begitu saja membuat tumpukan sampah semakin menggunung. Padahal dari sampah ini ada peluang besar untuk mengubahnya menjadi barang yang lebih bermanfaat dan bernilai tinggi. Salah satu contohnya dengan mengubah kain perca menjadi bros cantik menawan.

Banyak tutorial membuat bros cantik dari kain perca namun pada artikel ini akan disajikan tutorial yang paling mudah dengan alat dan bahan yang cukup sederhana. Berikut langkah-langkah dasar yang bisa dilakukan sendiri:

  1. Siapkan alat dan bahan yang diperlukan, gunting, jarum, benang, peniti khusus bros dan berbagai kain perca.
  2. Ambil kain perca dengan motif sesuai selera. Potong menjadi dua dengan bentuk seperti pada gambar, potongan pertama dengan bentuk persegi dan potongan kedua dengan bentuk persegi panjang. Boleh berbeda motif jika berkenan. Untuk ukurannya bisa disesuikan dengan kebutuhan masing-masing. Semakin besar ukran kain yang dipotong maka semakin besar pula hasil akhir bros tersebut, begitu pula sebaliknya.
  3. Ambil potongan pertama dan lipat menjadi dua bagian.
  4. Jahit pada bagian atas atau bagian sisi yang lebih panjang dengan cara pola jahit jelujur. Usahakan warna benang sejenis dengan motif kain yang akan digunakan. 
  5. Jahit pula pada salah satu sisi yang yang pendek lakukan seperti cara nomer 4 yaitu dengan jahit jelujur.
  6. Kemudian saat kain perca sudah membentuk seperti kantung, balik kain sehingga pola jahitan ada di dalam, seperti pada gambar di bawah ini.
  7. Pada salah satu bagian sisi pendek yang belum terjahit, lipat ke arah dalam kemudian rapatkan dengan pola jahit tikam jejak supaya terlihat rapi.
  8. Selanjutnya ambil potongan kain yang kedua, lipat kecil-kecil sehingga membentuk tali. Jika mau lebih mudah potongan ke dua untuk membentuk tali ini bisa diganti dengan pita kecil yang dijual di pasaran.
  9. Letakkan potongan kain yang sudah membentuk tali di baawah kain pertama, kemudian ikat sampai bagian tengah kain pertama berkerut membentuk pita.
  10. Ambil peniti dan jahit ke bagian belakang pita atau pada bagian ikatan potongan kain ke dua. Jika tidak memiliki peniti khusus bros bisa diganti dengan peniti biasa namum memang agak sedikit rumit dalam merekatkan karena harus dijahit dengan tusuk feston.
  11. Bros pita dari kain perca sudah siap dgunakan.

Bagaimana? Sangat mudah bukan?  Teman-teman pembaca bisa menambahkan hiasan atau memadukan berbagai motif kain perca menjadi satu. Kini tidak ada alasan lagi membiarkan kain perca di sekitar kita terbuang begitu saja. Kembangkan kreatifitas dengan mengeksplorasi barang bekas di sekitar kita. Jangan terpaku pada satu cara. Selamat berkereasi.