Home > Aksesoris >

DIY Tassel / Rumbai dengan benang jahit

by: Daramoonmata

Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat Tassel / Rumbai dengan benang jahit yang biasa kita temukan sehari-hari, kenapa kita membuat Tassel dengan benang jahit? Karena benang ini memiliki tekstur yang lebut dan mudah di atur.  Kini tassel atau rumbai sedang menjadi tren sebagai aksesoris atau pelengkap ornament fashion lainnya. Anda dapat menggunakan Tassel sebagai anting-anting, kalung, gelang, hingga aksen pada baju atau celana anda. Bagaimana cara membuat tassel dan apa saja bahannya, mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

 

Untuk bahan-bahan membuat Tassel dengan benang jahit adalah :

  • Benang jahit beraneka warna
  • Gunting
  • Alat ukur ( Penggaris atau pita ukur)
  • Karton ( ukuran di sesuaikan dengan panjang Tassel yang di inginkan)

1.  Setelah bahan-bahan di atas kita persiapkan, terlebih dahulu kita akan membuat cetakan atau ukuran Tassel yang akan di buat. Gunting karton dengan ukuran panjang dan lebar yang di inginkan, pastikan karton yang di gunakan kuat dan tebal untuk menggulung benang dalam skala banyak. Potong berbentuk persegi panjang dan berikan sedikit rongga atau lubang pada bagian samping karton agar mempermudah kita mengikat gulungan pada tahap selanjutnya. Jika kita sudah memiliki karton yang terpotong, maka kita akan memulai tahap selanjutnya.

2.  Untuk tahap yang kedua, kita akan mulai menggulung benang jahit pada karton yang sudah kita potong. Gulung benang secara vertikal dari sisi yang terpanjang dari karton tersebut, gulung benang hingga ketebalan yang anda inginkan. Perhatikan ketika menggulung benang, jangan menarik terlalu kuat agar karton tidak berubah bantuk dan merubah ukuran yang sudah di tentukan. Jika sudah mendapatkan ketebalan benang yang di inginkan, maka selanjutnya kita dapat mengikat gulungan pada sisi atas karton.

3 . Pada proses pengikatan gulungan, gunakan lubang yang sudah di persiapkan pada sisi karton untuk memasukan benang dan mempermudah proses pengikatan. Buatlah gulungan pada bagian pengikatan agar kuat dan membentuk aksen pada tassel anda. Jika sudah mendapatkan gulungan yang di inginkan, potong rapih benang pengikat dan lepaskan Gulungan benang pada karton pencetak.

 

4. Setelah mendapatkan satu gulungan benang yang sudah terikat, maka buatlah tali panjang pada bagian atas tassel untuk menggantukan tassel pada kreasi anda. Cara membuat tali penggantung adalah dengan memasukan benang pada rongga kanan yang di teruskan hingga rongga di sebelah kiri. Lalu kemudian ikat tali hingga benar-benar erat dan tidak terputus.

5. Jika sudah mendapatkan gulungan benang dengan ikatan dan tali panjang, maka tahap akhir ini adalah memotong bagian bawah Tassel agar dapat bentuk rumbai yang sempurna. Pastikan pada tahapan ini anda memotong dengan hati-hati dan meratakan sisi bagian bawah dan merapihkannya.

 

Dan kini anda dapat mengaplikasikan Tassel dari benang jahit  kepada kreasi fashion anda, untuk hasil yang sempurna anda dapat menggunakan benang jahit  dengan beraneka paduan warna, dan dengan ukuran yang beragam. Untuk melekatkan tassel pada kreasi anda, cukup menggunakan lem atau mengikatkan tassel pada bagian yang di inginkan. Semoga tips diatas bermanfaat bagi anda.