Home > Aksesoris >

Gantungan Kunci dari Gulungan Tisu Bekas [DIY]

by: rizkauh

Penggunaan tisu yang semakin marak, diperlukan adanya pemanfaatan untuk limbah gulungan tisu tersebut. Salah satu caranya dengan menjadikannya gantungan kunci.

Bahan dan alat diperlukan antara lain :

  1. Gulungan tisu
  2. Sisa kertas kado
  3. Double tape/ selotip bening
  4. Gunting / cutter
  5. Karet gelang bekas/gantungan kunci
  6. Lem UHU

Yang perlu dilakukan pertama kali adalah menyiapkan gulungan yang tidak terpakai.

Selanjutnya memotong melingkar berukuran tebal 1 cm.

Setiap potongan akan dibentuk menjadi beberapa macam benda. Contohnya lingkaran, segitiga, bintang, persegi, love dan lain sebagainya. Cara membentuk menjadi benda tersebut bisa menggunakan tangan.

Bahasan pertaman mengenai pembuatan gantungan kunci dengan pola persegi\belah ketupat. Bagian dalam pola persegi tersebut diisi dengan kertas-kertas bekas.

Pada pola akan ditempelkan karet gelang bekas yang dijadikan sebagai gantungan. Cara membuat gantungan dengan memotong karet gelang menjadi panjang seperti di bawah ini.

Lalu menempelkan ujung ujung karet pada bentuk pola dengan menggunakan selotip bening seperti gambar berikut ini :

Untuk menutupi seluruh lubang yang ada di gulungan, diperlukan bungkus makanan yang dibentuk persegi panjang dengan ukuran panjang sesuai keliling benda dan lebar 1 cm.

Lalu, hasil potongan tersebut ditempelkan mengelilingi bentuk pola satu per satu secara searah. Cara merekatkan keduanya menggunakan double tape.

Seperti membuat anyaman, potongan selanjutnya ditempelkan tegak lurus dengan pemasangan sebelumnya.

Selain bungkus makanan, bisa juga menggunakan kertas kado, sisa kertas klobot, atau sisa kertas apapun yang sudah tidak digunakan kembali.

Jadilah bentuk yang menyerupai ketupat dengan tekstur anyaman.

Gantungan belah ketupat pun dapat digunakan, bisa untuk gantungan kunci rumah, lemari dan lainnya.

Selanjutnya untuk pola bintang. Diawali dengan pembuatan gantungan dari kombinasi karet gelang bekas dan gantungan kunci yang tidak terpakai. Karet gelang bekas dipotong hingga menjadi satu untaian panjang, lalu salah satu ujung ditempelkan pada sisi atas bintang.

Sedangkan ujung karet yang lain dimasukkan ke dalam gantungan, dipotong dan ditempelkan dengan selotip bening pada sisi pola bintang. Sehingga gantungan kunci menempel rapat di pola bintang tersebut.

Sebagai penutup pola digunakan kertas kado yang dibentuk sesuai bentuk pola bintang dengan lebar sisi sekitar 1 cm.

Sisi selebar 1 cm tersebut digunakan untuk menempelkan lapisan kertas kado dengan pola bintang.

Pada tepi pola bintang diberi lem UHU lalu ditempelkan pada kertas kado yang telah siap. Setelah itu, sisi-sisi kertas kado juga diberi lem UHU dan ditempelkan pada pola tersebut.

Untuk pemberian isi menggunakan tisu bekas yang masih kering karena sifatnya yang fleksibel untuk memenuhi ruang pola bintang.

Kemudian sisi yang masih terbuka ditutup dengan kertas kado menggunakan cara yang sama pada sisi sebelumnya.

Agar sisi samping bintang terlihat rapi, maka perlu diberi lapisan kertas kado lagi dengan lebar 1 cm dan panjang sesuai keliling bintang.

Lapisan tersebut ditempelkan pada sisi samping bintang menggunakan double tape.

Ini adalah hasil akhir gantungan kunci dari gulungan tisu berbentuk bintang. Bisa digunakan untuk gantungan kunci motor dan lainnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.