Home > Aksesoris > Fashion >

Gantungan Tas Makrame (1)

by: bundaamel

Hai ketemu lagi sama aku, di sini aku mau ngejelasin gimana cara ngebuat gantungan tas makrame. FYI yang belum tau makrame, makrame itu kerajinan dari tali entah itu tali pramuka, tali kor, atau tali yang lain. Aku udah coba buat dua gantungan kunci(tas (?)) dari makrame ini, salah satunya hasilnya kaya gini.

Gimana lumayan kan? Pengen tau cara buat gantungan tas makramenya? Check this out.

Pertama siapin alat dan bahan yang kita butuhin ada di gambar di bawah :

Seperti terlihat di gambar alat dan bahan yang kita perluin sederhana, yaitu gunting dan tali kor yang sudah diukur sama panjang. Sebernarnya kita juga perlu korek api untuk merapikan ujung tali makramenya, tapi lupa aku foto –ehe-.

Kedua kita siapkan tali kor yang sama panjang dan jadikan salah satunya sebagai tumpuan tali lainnya seperti gambar di bawah.

Lalu tali yang satunya dibuat simpul jangkar seperti simpul yang diajarkan saat pramuka dulu (yang lupa googling gih :v). Kalau kurang jelas hasilnya akan seperti gambar di bawah.

 

Sudah didapat empat tali yang teruntai kan? Buatlah kepangan dari empat tali tersebut. (Kalo lupa cara membuat kepang empat gini kalian tahu kan kepang tiga? Cara buat kepang empat sama kaya kepang tiga coba aja dulu)

Nanti kepangannya akan jadi seperti ini.

Jika kalian memakai tali kor yang berbeda warna nanti hasil kepangannya akan selang-seling seperti gambar di atas.

Selanjutnya kepangan itu kalian terusin sampe panjang yang kalian inginin (tapi jangan sampe ujung tali ya nanti kepanjangan). Kalo udah buat simpul sementara agar tidak terlepas kepangannya.

Di sini aku buat lebih dari satu kepangan karena kalo Cuma satu entar sepi gantungannya :”). Kalian mau buat satu atau lebih kepangan sih terserah tapi aku saranin buat dua deh setidaknya.

Kalo udah selesai buat kepangannya lepas simpul sementara tadi dan satukan ujung tali satu dengan yang lainnya(tapi satu satu ya kalo langsung nanti berantakan). Kalo udah pasangin deh di besi gantungan kunci (?) kaya gini.

Taraa, udah selasai kan? Gimana punya kalian? Punya aku lumayan sih gini jadinya kaya gambar di bawah pas udah aku pasangin di tas adekku.

Selesai. Gimana? Gampang kan? Mungkin kalian agak bingung ya sama penjelasan aku(aku juga bingung sih –ehe-). Tapi kalo kalian coba pasti jadi kok. Untuk buat gantungan tas ini nggak perlu waktu lama kok, bentar aja udah jadi. Kalo kalian mau coba, coba aja siapa tau bagus. Lumayan kan buat ngeramein tas. Kalo mau tanya-tanya, tanya aja di kolom komentar. Selamat mencoba readers 🙂 Kalo mau liat yang satunya buka aja di sini.