Home > Aksesoris > Fashion >

Memanfaatkan Kain Perca menjadi Bros Bunga

by: sulistiani

Punya kain bagus memang menyenangkan jika kita jahitkan di penjahit langganan. Selain bisa request model sesuai selera kita juga bisa mendapatkan pakaian yang pas pada tubuh kita. Tidak seperti membeli pakaian jadi yang dijual di pasaran, bisa jadi kekecilan maupun kebesaran. Tentu saat pakaian kita selesai dijahit, biasanya kain-kain sisa masih banyak bertebaran.

Seringkali kain-kain sisa atau yang biasa disebut kain perca dibuang begitu saja karena dirasa sudah tidak dapat difungsikan lagi. Ukurannya yang cenderung kecil-kecil tidak mungkin digunakan untuk membuat pakaian lain. Padahal ada banyak yang bisa kita lakukan untuk mendaur ulang kain tersebut, salah satunya dengan mengolahnya menjadi bros bunga yang cantik. Berikut langkah-langkah pembuatannya:

  1. Potong kain perca menjadi bentuk lingkaran. Usahakan cari warna dan motif kain yang sama. Selain itu siapkan pula bahan lain seperti jarum, benang, kancing (untuk hiasan) dan peniti khusus bros. Bahan-bahan ini bisa kita dapatkan di toko perlengkapan jahit dengan harga yang sangat terjangkau.

2. Lipat kain yang sudah berbentuk lingkaran menjadi dua bagian, kemudian lipat lagi menjadi dua seperti pada gambar di bawah ini.

3. Kemudian jahit jelujur pinggiran kain perca yang sudah dilipat tersebut, tarik hingga pinggirannya berkerut dan menyerupai kelopak bunga buat sebanyak lima buah. Jangan lupa ikat bagian ujungnya agar tidak mudah lepas.

4. Setelah semua kelopak sudah jadi, rangkai kelima kelopak tersebut menjadi satu. Cara merangkainya cukup mudah, masukan saja seluruh kelopak ke dalam benang sehingga membentuk seperti pada gambar.

5. Pada satu sisi kelopak yang sudah terbentuk tambahkan kancing cantik sesuai selera sebagai putik bunga. Untuk merekatkannya bisa menggunakan lem maupun dijahit seperti pada tutorial ini. Di sisi lain rekatkan peniti khusus bros dengan cara seperti merekatkan kancing. Jangan lupa usai menjahit, benangnya diikat mati supaya tidak mudah terlepas.

6. Bros cantik siap digunakan.

Teman-teman pembaca bisa juga berkreasi lebih jauh sesuai imajinasi, seperti menggabungkan beberapa warna, atau mengganti kancing dengan model yang lebih lucu.

Jika sudah mahir, bros-bros bunga seperti ini, tidak hanya bisa kita gunakan untuk mempermanis penampilan sendiri tapi bisa menjadi lahan bisnis yang signifikan. Kita bisa bekerja sama dengan beberapa penjahit kenalan maupun pabrik germen untuk mendapatkan bahan baku kain perca. Kemudian setelah kita olah dengan baik bisa kita jual kembali baik melalui dunia maya maupun dijual langsung. Dengan modal sangat kecil kita bisa mendapat keuntungan yang lumayan. Bisa juga digunakan sebagai hadiah untuk orang tersayang.

Kini, di tangan kita, kain-kain bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat sehingga tidak dibuang sia-sia.

Selamat berkarya.