Home > Aksesoris > Fashion >

Membuat Bros Bunga dari Botol Bekas

by: sulistiani

Era modern saat ini air minum mineral dalam kemasan cukup banyak dijual di pasaran. Hal tersebut memang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Selain praktis minuman kemasan sangat menolong kala dahaga namun kita lupa membawa air minum dari tempat tinggal.

Akan tetapi dari segala kemudahan tersebut ternyata memiliki dampak yang cukup merugikan bagi lingkungan. Kemasan air mineral biasanya menggunakan botol yang terbuat dari plastik. Berbagai penelitian membuktikan bahwa sampah botol plastik tidak dapat diurai sempurna dalam jangka waktu lima ratus hingga seribu tahun, padahal produksi botol plastik setiap hari terus menerus bertambah. Pembakaran memang dirasa hal yang paling mudah untuk memusnahkan botol plastik namun hal tersebut sangat membahayakan untuk kesehatan tubuh dan udara. Asap yang dihasilkan dapat menimbulkan sesak nafas.

Penggunaan botol plastik untuk mengisi air minum lain juga sangat tidak disarankan. Botol plastik yang digunakan lebih dari sekali dapat mengeluarkan bahan kimia industri sehingga bisa membahayakan kesehatan. Hal tersbut berpotensi menyebabkan berbagai penyakit mulai dari penurunan daya tahan tubuh sampai kanker.

Cara yang paling baik untuk menghadapi sampah-sampah botol plastik adalah dengan daur ulang. Nah, cara daur ulang mudah menyenangkan dan bermanfaat salah satunya dengan mengubah botol plastik menjadi bros bunga.

Mari simak langkah-langkahnya:

  1. Siapkan bahan-bahannya berupa botol bekas, cat + hiasan, peniti untuk bros dan lem tembak atau lem lilin sebagai perekat. Untuk alat bisa kita gunakan gunting maupun pisau yang cukup tajam.
  2. Potong bagian bawah botol kemudian gunting berdasarkan alur dibentuk sesuai pola yang ada. Biasanya beda jenis botol beda-beda pula bentuknya. Kita bisa berkreasi dengan bermacam-macam bentuk botol. Ini bisa digunakan sebagai kelopak bunga.   
  3. Beri cat dan hias kedua sisi kelopak bunga, tunggu hingga kering. Atau dapat juga memanfaatkan spidol untuk mewarnai kelopak tersebut. Jika beruntung mendapatkan botol plastik yang berwarna warni, itu lebih menyenangkan karena tidak perlu lagi diwarnai. Atau kalau memang menyukai warna asli botol tersebut meskipun berwarna bening tidak diwarnai juga tidak masalah. Setelah kering, kemudian tempel hiasan di bagian atasnya yang direkatkan oleh lem tembak. 
  4. Pada bagian bawah tempelkan peniti khusus bros dengan cara hampir sama dengan menempelkan hiasan untuk putik.
  5. Setelah semuanya kering bros cantik sudah selesai dibuat dan siap diletakan di pakaian, hijab, tas dan barang-barang lain.

Selain digunakan untuk bros bisa juga digunakan untuk hiasan kulkas. Caranya sama, hanya saja untuk penitinya bisa diganti dengan magnet agar bisa ditempel di pintu kulkas. Sisa potongan botol plastik masih bisa juga loh dimanfaatkan sesuai kreasi individu. Mari memanfaatkan barang bekas menjadi hiasan cantik yang lebih bermanfaat. Dengan cara seperti itu kita sudah turut serta dalam penyelamatan lingkungan. Selamat berkreasi.