Home > Aksesoris >

Membuat Cord Keeper dari Kain Perca

by: aginpuspa

Kreasi dengan kain perca sudah tidak asing lagi memang, mengingat kain sisa yang serbaguna ini dapat dimanfaatkan menjadi berbagai macam benda menarik dan tentunya sangat berguna bagi keperluaan kita. Kain perca memang tidak dapat digunakan untuk membuat pakaian lagi, namun daripada membiarkannya menjadi sampah yang memenuhi ruangan, akan lebih baik jika kita dapat memanfaatkan kain sisa ini dengan beragam kreasi.

Cord Keeper atau pengait kabel digunakan agar kabel-kabel yang biasa kita bawa saat bepergian tetap rapi dan tidak saling terbelit. Tentu saja, saat kita bepergiaan, biasanya earphone atau headset selalu menjadi salah satu benda yang wajib kita bawa. Jadi, agar kabel earphone atau headset ini tidak berserakan dan terbelit di dalam tas kita, sebuah cord keeper akan sangat membatu untuk membuat kabel earphone tetap rapi.

Nah, pada tutorial ini kain perca akan disulap menjadi sebuah cord keeper yang akan membuat earphone atau headset kita tetap rapi walaupun sedang tidak digunakan. Selain itu, adanya cord keeper akan membuat kabel earphone atau headset kita tetap terjaga dengan baik.

Baiklah, tidak usah berlama-lama lagi, mari kita simak tutorial cord keeper dari kain perca. Check this out!

Bahan-bahan :

  • Kain perca motif dan polos
  • Kain keras dengan ketebalan sedang
  • Velco
  • Alat ukur
  • Benang
  • Gunting
  • Mesin jahit

Tahap Pengerjaan :

1. Guntinglah kain perca motif, polos dan kain keras dengan ukuran 10 x 8 cm. Pilihlah kain motif dan polos dengan warna yang senada agar cord keeper kita terlihat lebih cantik.

2. Selanjutnya, gunting juga velco dengan ukuran 3 x 2 cm. Jika ukuran velco terlalu besar, ukurannya boleh disesuaikan lagi dengan kain perca yang sudah kita gunting.

3. Rekatkan kain keras pada kain perca motif dengan cara memanaskannya menggunakan setrika. Saat merekatkan kain keras pada kain perca, perhatikanlah bagian mana yang ada lemnya jangan sampai salah, ya. Jika salah, bisa-bisa kain kerasnya menempel pada sekrika kita.

4. Tumpuklah kain motif dan kain keras yang telah menempel dengan kain polos, kemudian jahitlah sekelilingnya dan sisakan 5 cm sebagai lubang untuk membalikkan kainnya. Sebelum dibalik, rapikan lah kain sisa di sekelilingnya.

5. Setelah kainnya dibalik, jahitlah sekelilingnya dan rapikan.

6. Terakhir, jahitlah velco di bagian depan dan belakang kain. Jadilah sebuah cord keeper cantik yang akan membuat earphone atau headset kita tetap rapi saat dibawa kemana pun.

Bagaimana tutorialnya? Cukup mudah diikuti, kan? Selain untuk earphone atau headset, cord keeper pun dapat digunakan untuk merapikan charger laptop atau kabel-kabel lainnya. Tahap pengerjaannya sama saja hanya disesuaikan saja ukuran kain perca dengan kabel-kabel yang akan digunakan nantinya. Selamat berekperimen dengan kain perca, ya !