Home > Dekorasi >

Membuat Frame Foto dari Kardus Bekas

by: aginpuspa

Siapa bilang barang bekas hanya berakhir di tempat sampah atau tukang loak? Justru, saat ini, ada beragam cara untuk memanfaatkan barang-barang bekas menjadi benda-benda cantik yang siap melengkapi meja atau ruangan favorit kita. Nah, apalagi jika kehadiran kardus-kardus bekas ini hanya menumpuk dan memenuhi bagian rumah kita.

Nah, pada tutorial kali ini kita akan mendaur ulang kardus-kardus bekas menjadi sebuah frame foto. Cara membuatnya cukup mudah, lho ! Yuk, kita simak langkah pengerjaannya.

Frame foto dari kardus bekas

Bahan-bahan :

  • Kardus bekas
  • Penggaris
  • Gunting
  • Cutter
  • Plastik Mika
  • Pensil
  • Penghapus
  • Kertas Kado Motif
  • Selotip
  • Double tip

Tahap Pengerjaan :

1. Ambil kardus bekas kemudian sesuaikan ukurannya dengan ukuran foto yang akan dibingkai dan lebihkan kelilingnya sebesar 2 cm. Kemudian bagian tengahnya dipotong dengan menggunakan cutter secara perlahan. Dalam tutorial ini foto yang digunakan berukuran 10 x 15 cm. Nah, kardus ini akan menjadi bagian depan frame foto.

2. Selanjutnya, ambil lagi kardus bekas dan sesuaikan ukurannya dengan kardus yang telah kita sesuaikan ukurannya dengan foto. Kardus yang kita potong di tahap kedua ini akan menjadi bagian belakang frame foto.

3. Tahapan selanjutnya adalah membungkus kardus dengan kertas kado agar terlihat lebih menarik. Pilihlah kertas kado sesuai dengan warna dan motif yang kita suka. Rekatkan kertas kado pada kardus untuk frame bagian depan dan bagian belakang. Berhati-hatilah saat membungkus frame bagian depan dan lakukan dengan perlahan agar hasilnya rapi.

Frame bagian depan
Frame bagian belakang

4. Guntinglah plastik mika dan sesuaikan ukurannya dengan lubang pada frame bagian depan, kemudian rekatkan plastik mika pada frame bagian depan dengan menggunakan double tip.

5. Agar foto tersimpan dengan pas di dalam frame, maka bagian bawah, kanan dan kiri frame batasi dengan double tip sehingga pada saat foto dimasukkan ke dalam frame akan tetap tersimpan dengan pas. Ingat, lho, kertas putih yang menempel pada double tip-nya jangan dilepas karena fungsi double tip ini hanya sebagai pembatas saat memasukkan foto ke dalam frame dan bukan untuk merekatkan. Oh, iya … fungsi dari adanya pembatas dari double tip ini memudahkan kita jika nantinya ingin mengganti foto lain tapi fotonya tetap harus seukuran,ya.

6. Selanjutnya, rekatkan frame bagian depan pada frame bagian belakang dengan menggunakan double tip.

7. Tahapan terakhir adalah membuat penyangga frame. Kita manfaatkan potongan-potongan sisa dari kardus, potongkan tiga bagian kardus dengan ukuran yang berbeda. Bagian pertama dipotong dengan ukuran 18 x 5 cm, sedangkan bagian kedua dan ketiga dipotong dengan ukuran 15 x 5 cm.

Potong dengan ukuran berbeda

Kemudian tumpuklah ketiga bagian ini dan rekatkan dengan double tip, setelah itu tempelkan pada bagian belakang frame.

Tumpuk ketiga bagian dengan double    tip
Tempelkan di belakang frame

Nah, akhirnya kita punya sebuah frame foto cantik yang terbuat dari bahan daur ulang. Gimana tutorialnya? Cukup mudah dipraktikkan, bukan? Yuk, daripada tumpukan kardus bekas itu tergeletak memenuhi rumah kita, lebih baik kita manfaatkan dengan cara mendaur ulangnya menjadi benda-benda yang menarik. Selamat mencoba !