Home > Buku >

Membuat Notes dari Kertas Bekas

by: sulistiani

Bagi pelajar atau mahasiswa kertas bekas mencetak tugas pasti menumpuk. Apalagi bagi mereka mahasiswa tingkat akhir yang sedang mengerjakan sripsi, thesis, tugas akhir dsb. Sekali bimbingan biasanya membutuhkan beberapa lembar kertas. Jika ada kesalahan meskipun hanya sedikit, harus sipa menerima coretan dari dosen pada  tulisan yang sudah kita print di atas kertas. Kertas-kertas tersebut biasanya hanya sedikit dicoret-coret. Tentu proses bimbingan tidak hanya dilakukan sekali dua kali. Entah berapa rim yang dihabiskan oleh mahasiswa tingkat akhir untuk mengerjakan tugas akhirnya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah produksi kertas sendiri mengorbankan cukup banyak pohon. Banyak orang tidak menyadari bahwa penebangan pohon-pohon di hutan salah satunya dimanfaatkan untuk memproduksi kertas.  Padahal pohon-pohon di hutan merupakan sumber kehidupan. Dapat dikatakan pula hutan merupakan paru-paru dunia karena sumber oksigen yang berguna untuk kehidupan manusia berasal dari tumbuhan seperti pohon-pohon di hutan.

Oleh karena itu butuh cara untuk memaksimalkan fungsi kertas. Cara paling efektif untuk menghadapi ini adalah dengan daur ulang. Biasanya kertas bekas hanya digunakan di salah satu bagian sisinya, sedangkan sisi lain dibiarkan kosong tanpa coretan. Pada bagian kosong itulah yang dapat kita manfaatkan. Salah satunya dengan mengolahnya menjadi buku catatan kecil. Agar lebih menarik, simak tips berikut:

  1. Siapkan kertas bekas, gunting, pembolong kertas, kertas karton yang sudah dipotong-potong, pita, lem kertas dan hiasan. Untuk hiasannya kita bisa memanfaatkan gambar-gambar lucu dan cantik dari berbagai sumber misalnya dari kartu undangan yang sudah tidak terpakai.
  2. Potong kumpulan kertas menjadi empat bagian. Jangan lupa rapikan ukuran dan potongan di pinggiran sisinya. Untuk jumlah kertasnya silakan gunakan sesuai kebutuhan dan selera pembuat. Akan tetapi lebih baik jika jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit agar secara estetika lebih enak dilihat.
  3. Beri tanda di bagian sisi tengah atas., jika ingin di pojok kertas juga tidak masalah, silakan lakukan sesuai selera. Lalu lubangi kertas yang diberi tanda tersebut, pastikan posisi lubang di seluruh kertas sejajar dan rapi.
  4. Masukan pita kedalam lubang-lubang kertas tersebut kemudian ikat kencang. Pada bagian depan kertas jangan lupa beri potongan karton sebagai sampul calon buku catatan.
  5. Tempel hiasan yang sudah disiapkan di bagian sampul buku catatan yang sudah jadi.
  6. Buku catatan dari kertas bekas siap digunakan. Sekarang kamu bisa menuliskan agenda maupun catatan-catatan penting tersebut di buku catatan dari kertas bekas.

Itulah tips yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan kertas bekas menjadi barang serba guna. Tidak hanya kertas-kertas sisa tugas yang dapat dimanfaatkan. Bekas kartu undangan cantik juga bisa menjadi manfaat sehingga tidak terbuang sia-sia. Sayang sekali kalau undangan cantik dari sahabat tersayang terbuang sia-sia. Selamat berkreatifitas.