Home > Aksesoris > Dekorasi >

Membuat Tempat Tisu dari Kain Perca

by: aginpuspa

Kamu punya tumpukan kain perca di rumah? Eitss, jangan dulu dibuang, ya. Jika kain percamu cukup banyak, bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kreasi  loh. Yap, salah satunya adalah membuat tempat tisu.

Tempat tisu sederhana dari kain perca ini akan membuat lokasi meja tamu, meja makan, atau meja kerjamu terlihat lebih cantik dan rapi. Lebih asik lagi, tempat tisu dari kain ini bisa kamu buat sendiri sesuai dengan keinginanmu. Tenang aja, kamu yang pemula dalam urusan menjahit tetap bisa membuat tempat tisu ini, kok. Eh, caranya gimana?

Yuk, simak aja tutorial membuat tempat tisu dari kain perca berikut ini. Let’s begin!

Alat dan bahan

  • Kain perca (motif dan polos)
  • 2 buah kancing
  • Benang
  • Jarum
  • Gunting
  • Kapur
  • Alat ukur (boleh menggunakan penggaris jika tidak ada alat ukur khusus jahit)
  • Obeng atau Pensil (boleh menggunakan benda lain yang memiliki ujung tumpul)
  • Mesin jahit

Langkah-langkah pengerjaan :

Pertama-tama, gunting kain perca (motif dan polos) menjadi ukuran 36 x 36 cm. Nantinya, kain perca yang bermotif untuk bagian luar dan kain perca polos untuk bagian dalam.

Kedua, tumpuk kain perca yang bermotif di atas kain perca polos kemudian jahit (menggunakan mesin jahit) seluruh kelilingnya dan sisakan 10-12 cm.

Ketiga, balik kain perca tadi melalui bagian yang tidak dijahit. Rapikan setiap sudut kain perca yang sudah dibalik dengan bantuan obeng, pensil atau benda tumpul lainnya.  Nah, pada tahap ini kain perca bermotif dan polos sudah menyatu.

Keempat, setelah posisi kain perca dibalik, jahit kembali seluruh keliling kain perca termasuk bagian yang tadi belum dijahit.

Sebelum seluruh keliling kain dijahit
Sesudah seluruh keliling kain dijahit

Kelima, kain perca yang sudah dijahit seluruh kelilingnya kemudian diposisikan dalam bentuk belah ketupat selanjutnya lipat menjadi bentuk segitiga.

Keenam, ukur sepanjang 9-10 cm kemudian tandai dengan kapur. Lakukan hal yang sama untuk bagian kiri dan kanan.


Ketujuh, setelah ditandai dengan kapur, jahitlah dengan mesin jahit bagian kiri dan kanan ini. Tidak usah terlalu panjang, jahit saja sekitar 1 cm. Ini berguna sebagai pengait kancing.

Kedelapan, posisikan kain perca tadi sesuai gambar di bawah ini kemudian rapi kan.

Kesembilan, lipat ujung kain dan pasanglah kancing tepat di kedua ujung kainnya.  Pemasangan kancing dilakukan secara manual dengan menggunakan jarum dan benang.

Kesepuluh, sematkan kedua kancing ke dalam bagian yang dijahit. Tempat tisu dari kain perca sudah jadi dan siap mempercantik bagian rumahmu.

Tempat tisu dari kain perca ini dapat menampung tisu kemasan ukuran 20 x  10 x  9 cm yang biasanya berisi sekitar 250 sheets. Nah, cukup mudahkan membuat tempat tisu sederhana dari kain perca ini? Yap, langsung praktikan, ya!