Home > Aksesoris > Fashion >

Tutorial Apron dari Kemeja Bekas

by: aginpuspa

Coba, deh, buka lemari bajunya … Ada berapa banyak pakaian yang tidak terpakai? Ada yang kebingungan dengan tumpukan kemeja atau baju bekas? Wah, kalian sudah tepat jika membuka tutorial ini. Yap, bahan daur ulang yang akan digunakan dalam tutorial ini adalah kemeja atau baju bekas.

Kemeja atau baju bekas ini akan disulap menjadi sebuah apron. Itu loh, apron atau celemek yang biasanya digunakan para Ibu saat mereka memasak atau membuat cake. Jadi, sebenarnya kita nggak perlu mengeluarkan uang untuk membeli apron, ya.

Baiklah, kalau begitu …. Mari kita buat sendiri apron cantik dengan memanfaatkan kemeja atau baju bekas yang ada dalam lemari kalian. Yuk, langsung simak aja bahan-bahan dan tahap pengerjaannya.¬† Simak dengan cermat dan ikuti setiap tahap dengan benar, ya.

Bahan-bahan :

  • Kemeja bekas
  • Kain perca
  • Gunting
  • Jarum
  • Kapur
  • Benang
  • Alat ukur
  • Mesin jahit

 

Tahap pengerjaan :

1. Guntinglah kemeja bekas pada bagian pinggang. Namun jika panjang kemeja yang kalian miliki hanya sampai pinggang, maka kalian harus memotong kemeja itu pada bagian dada. Nah, pada tutorial ini kebetulan kemeja yang ada adalah kemeja  yang memiliki panjang sampai lutut sehingga pemotongan dilakukan dari bagian pinggang.

2. Gunting juga bagian belakang kemeja seperti pada gambar di bawah ini dan sisakan 2-3 cm dari bagian kiri dan kanannya.

3. Gunakan bantuan jarum untuk melipat kedua sisi kemeja sebelum menjahit.

4. Jahitlah dengan hati-hati kedua sisi kemeja.

5. Ambil kain perca motif kemudian gunting dengan ukuran 20 x 21 cm sebanyak dua lembar. Nantinya kain motif ini akan dijadikan saku pada bagian depan apron atau celemek.

6. Jahit bagian atas saku kemudian tempelkan pada bagian depan apron dengan bantuan jarum, dan siap untuk dijahit.

7. Jahitlah seluruh keliling saku kecuali bagian atasnya, ya. Untuk saku yang pertama, bagian tengahnya dijahit lagi sehingga akan membentuk tiga ruang untuk menyimpan peralatan memasak.

8. Lakukan hal yang sama untuk satu yang satunya lagi. Bedanya, untuk saku yang kedua ini kalian cukup menjahit seluruh kelilingnya (kecuali bagian atas) saja.

 

9. Selanjutnya jahit bagian atas apron sambil dilipat ukuran sedang sehingga membentuk kerutan-kerutan pada apron.

10. Guntinglah kain perca motif dengan ukuran 15 x 135 cm untuk bagian pinggang dan tali.

11. Lipatlah kain motif menjadi dua bagian kemudian masukkan apron di antara lipatan itu. Gunakan bantuan jarum agar posisinya tidak berubah.

 

12. Jahitlah kain motif yang telah terpasang pada bagian atas apron. Nah, apron dari kemeja bekas sudah jadi dan siap digunakan saat kalian memasak.

Asik, ya, dapat memanfaatkan baju-baju bekas menjadi barang-barang yang memiliki daya guna. Semoga tutorial kali ini dapat segera diaplikasikan dan dieksekusi begitu ada kemeja atau kaus bekas. Selamat mencoba !