Home > Origami > Origami Hewan >

Tutorial Origami Wajah Anjing

by: priyono617

Origami adalah sebuah kerajinan yang unik.

Banyak bentuk yang bisa kita ciptakan dari selembar kertas origami. Mulai dari bentuk macam-macam binatang, alat-alat di sekitar kita ataupun bentuk-bentuk unik yang bisa dipajang dan ditempel sebagai hiasan dinding rumah kita.

Jumlah lembar kertas yang dibutuhkan untuk membuat sebuah hasil karya origami berbeda-beda, sehingga tingkat kesulitan dari masing-masing bentuk pun berbeda-beda pula.

Setelah pada postingan sebelumnya kita belajar tutorial origami bentuk wajah kucing,

maka pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat origami bentuk wajah anjing yang lucu banget…

Gak sabar ya?

Sebentar,

Jika dilihat dari teknik pengerjaannya, bisa dibilang membuat origami bentuk wajah anjing ini memiliki “tingkat kemudahan” yang sama dengan membuat origami bentuk wajah kucing.

Bahkan kita boleh menyebutnya sama persis.

Yang membedakan hanyalah pada langkah terakhirnya, yaitu posisi lipatan dan area mana yang digunakan untuk menggambar wajah.

Nah, daripada terus penasaran, yuk kita ikuti langkah-langkah membuat origami wajah anjing berikut ini:

1.

Untuk membuat origami wajah anjing ini kita hanya memerlukan selembar kertas lipat.

Kebetulan kertas origami yang saya gunakan kali ini adalah kertas origami dengan motif. Namun tentu saja hal ini bukanlah suatu keharusan, karena kita bisa menggunakan kertas lipat jenis lain.

2.

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, kita perlu melipat kertas ini menjadi dua bagian secara diagonal.
Dengan cara ini kita telah memiliki sebuah bentuk segitiga sama kaki.

3.

Posisikan segitiga dengan puncaknya menghadap ke bawah seperti pada gambar berikut.

Jika anda ingat tutorial origami tentang membuat wajah kucing kemarin, maka posisi segitiganya berkebalikan dengan tutorial yang saat ini akan kita buat.

Lalu untuk membantu mempermudah kita lanjut ke tahap selanjutnya, kita harus membuat garis lipat tengah yang membagi bentuk segitiga terbalik ini sama besar secara vertikal.

4.

Untuk langkah berikutnya adalah dengan melipat ujung bagian bawahnya ke atas.

Untuk lebar lipatan seperti pada gambar di atas bisa dilakukan dengan cara mengira-ngiranya , atau bisa juga didapatkan dengan cara melipat ujung paling bawah hingga menyentuh sisi paling atas (sehingga kita mendapatkan garis tengah yang membagi secara horizontal),

lalu setelah itu kita buka lipatannya, dan kita lipat lagi dengan ujung paling bawah menyentuh batas tengah garis horizontal tadi.

5.

Nah, sampai poin ini tentunya kita akan menyadari bahwa langkah-langkah untuk membuat origami bentuk wajah anjing ini sama persis dengan cara membuat origami bentuk wajah kucing.

Yang sedikit membedakan di antara keduanya adalah step berikut ini,

6.

Jika pada tutorial membuat wajah kucing dengan kertas origami sebelumnya kita melipat ujung sebelah kanan segitiga ke atas hingga bagian lipatan terbawah menyentuh garis tengah-vertikal,

maka untuk membuat turial origami wajah anjing ini kita harus melipat ujung sebelah kanan ke arah bawah namun bagian atas lipatan tidak sampai menyentuh garis tengah-vertikal.

Selain itu, jika pada origami kucing ujung bagian yang dilipat hanya bersinggungan dan tidak boleh menutupi lipatan bagian bawah segitiga,

maka pada origami anjing ini jarak antara lipatan bagian bawah segitiga dan bagian sisi yang dilipat harus lebih jauh lagi.

Hal ini untuk menciptakan posisi telinga yang tepat.

7.

Perbedaan lainnya dari tutorial kucing dan anjing ini adalah area yang akan digunakan sebagai wajah.

Jika pada tutorial kucing area yang akan digambar wajah berada di bagian belakang, yang berarti kertas lipat harus dibalik terlebih dahulu,

maka pada tutorial anjing, posisi kertas origami tidak perlu dibalik.

Nah, dengan memperhatikan gambar-gambar yang ada, kita tentunya tidak akan mengalami kesulitan di dalam pembuatan origami model wajah anjing yang super lucu ini.

Dan sama seperti bentuk-bentuk yang lain, hasil melipat origami bisa diaplikasikan dengan bermacam-macam kreasi yang lain.

Atau kita bisa membuat teknik kerajinan origami ini menjadi sarana untuk mempererat keluarga dengan cara mengajak anak-anak dan anggota keluarga yang lain untuk bersama-sama membuat bermacam-macam bentuk kerajinan origami,

yang hal ini  dapat menciptakan waktu yang berkualitas bersama anak-anak.

Bagaimana, cukup inspiratif bukan?

Nah ini videonya: