Home > Dekorasi > Dekorasi Rumah >

Vas dari Botol Bekas [DIY]

by: rizkauh

Tahun 2016 menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara pengguna botol plastik ke-4 terbanyak di dunia. Dan hampir setengah dari penjualan botol tersebut didominasi oleh Danone Aqua. Agar sampah tersebut dapat dikurangi, maka perlu dilakukan recycle, salah satunya dengan menjadikannya sebagai vas bunga.

Bahan dan alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

  1. Botol plastik 600 ml
  2. Gunting dan pisau
  3. Selotip/double tape
  4. Bungkus makanan

Pertama-tama menyiapkan botol plastik 600 ml dalam kondisi label merk sudah dilepaskan.

    

Memotong botol menjadi 2 bagian dengan perbandingan 1:4 ukuran botol dengan menggunakan pisau sebagai inisiasi dan gunting untuk pemotongan.

Berikut hasil pemotongan botol menjadi 2 bagian.

Setelah itu, buka tutup botol plastik tersebut dan susun kedua potongan botol seperti pada gambar di bawah ini :

Agar kedua botol tersebut dapat merekat secara sempurna, gunakan selotip bening pada bagian yang akan direkatkan. Model susunan botol tersebut berguna untuk menahan batang bunga yang akan diletakkan di vas agar tidak bergerak/bergeser secara bebas.

Untuk pemberian tekstur lebih cantik dan indah, dilapisi dengan bungkus makanan yang sudah dibuang. Contohnya bungkus oat rasa ubi ungu.

Selanjutnya, bungkus tersebut di potong berukuran 6-9 cm lebih panjang dari tinggi botol. Sedangkan lebar setara dengan keliling botol yang akan dilapisi tersebut.

Lalu dilipat menjadi 2. Bagian yang tidak lepas, di potong secara vertikal dengan jarak antar baris adalah 1,4 – 1,5 cm. Pemotongan tersebut tidak sampai ujung. Diberikan jarak 2 – 2,5 cm dari ujung bungkus plastik.

 

Seperti inilah hasil dari pemotongan bungkus tersebut.

Kemudian, diberikan double tape pada ujung atas dan bawah botol secara melingkar. Setelah dilepas, salah satu ujung bungkus plastik ditempelkan dengan ujung atas botol. Dan ujung bungkus lainnya ditempelkan dengan ujung bawah botol.

   

Beginilah hasil akhir dari vas yang telah dilapisi bungkus makanan tersebut.

Selain menggunakan bungkus makanan seperti di atas, dapat juga dibuat kreasi lain dari kertas koran bekas, bungkus kado yang sudah tidak terpakai, kertas lipat, kertas-kertas hasil print yang sudah tidak terpakai, bungkus sabun yang sudah dibersihkan atau macam-macam lainnya. Seperti contoh hasil di bawah ini :

Setelah selesai semuanya, vas dapat digunakan dengan penambahan tanaman hias plastik atau kertas. Bisa dengan membeli di toko terdekat atau dengan membuat sendiri dari bahan bekas lainnya.  Untuk isi dari vas bisa menggunakan pasir hias, batu hias, atau batu kecil di pekarangan rumah.

Selain itu, juga bisa mengisi vas tersebut dengan bunga asli dan air sebagai isi dari vas.

Sebagai contoh ide kreasi lainnya, bentuk tersebut dapat dijadikan sebagai lampion kamar, ruang tamu, ruang makan, atau ruang keluarga.

Sekian ide kreasi untuk tema kali ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.